Yayasan Rumpun Nurani sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Aman Palestin untuk membantu Palestina melalui diskusi terbuka pada Jum’at 10 Juni 2022 lalu. Kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan Agenda Kabar Palestina dari Aman Palestin, yang dihadiri langsung oleh Ustadz Awang Suffian, Lc. selaku ketua pembina Yayasan Aman Palestin Indonesia.

Yayasan Aman Palestin sendiri merupakan organisasi sosial bersifat independen dan kemanusiaan untuk membantu Palestina yang mulai beroperasi sejak akhir tahun 2004 dan berpusat di Selangor Darul Ehsan, Malaysia. Di Indonesia, Aman Palestin diwakili oleh lembaga resmi bernama Yayasan Aman Palestin Indonesia (AP-I) yang berdiri di Kota Bandung pada 24 Mei 2017 silam.

Bendahara umum Yayasan Rumpun Nurani, Siti Alfiah Kusuma Wardani mengatakan agenda diskusi yang turut melibatkan para pengurus serta mengundang perwakilan dari Baitulmaal Munzalan Indonesia ini diselenggarakan dengan tujuan untuk kembali bersimpati kepada saudara umat muslim di Palestina selepas wabah pandemi COVID-19 mereda. “Ketika kita sudah mulai bangkit kembali seperti saat ini, kita dapat kembali membantu perjuangan saudara kita di Palestina,” ungkapnya.

Diketahui dalam diskusi terbuka yang dilaksanakan di Kolektif Co. Space, Yogyakarta tersebut, Yayasan Rumpun Nurani dan beberapa pihak yang terlibat berhasil mencapai satu kesepakatan kerjasama yang sudah diwacanakan. Kesepakatan tersebut ialah mengadakan sebuah program atau acara guna menyerukan kembali bantuan untuk Palestina. Ketika diwawancara lebih lanjut, Siti Alfiah Kusuma Wardani mengungkap bahwa rincian mengenai bentuk program atau bentuk acara yang akan disepakati akan dibahas lebih lanjut di waktu mendatang.

Program kerja sama ini menjadi penting dan berpengaruh bagi Yayasan Rumpun Nurani karena sejalan dengan misi yayasan. Yaitu menguatkan kehidupan masyarakat serta melakukan kegiatan masyarakat demi terwujudnya keharmonisan sosial yang partisipatif dan berkelanjutan. “Tentu saja ini bagian dari misi kita untuk menguatkan kehidupan masyarakat dari saudara seiman kita di Palestina, mereka juga manusia yang perlu untuk dibantu,” imbuh Wardani.

Wardani berharap bahwa, kontribusi yayasan yang nantinya akan diberikan kepada warga Palestina dapat diterima. Namun, yang lebih utama dari tujuan program tersebut adalah mengharapkan keberkahan dari Allah SWT. “Yang lebih utamanya adalah Allah ridha terhadap apa yang kami berikan kepada saudara-saudara kita di sana untuk menjaga Masjid Al-Aqsa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.