Tentang Kami

Kata sambutan

Assalamualaikum Wr Wb.

Selamat Datang di Yayasan Rumpun Nurani

Sebagai lembaga yang dibangun dengan semangat kebersamaan, keikhlasan, dan kasih sayang, Rumpun Nurani hadir sebagai wadah bagi peningkatan kualitas individu dan keluarga dengan Belajar, Berbagi, dan Saling Menguatkan. Seiring dengan dinamisnya perubahan disetiap lini kehidupan, kemampuan untuk menyadari potensi, melihat pilihan serta kesempatan agar dapat membuat keputusan terbaik untuk kebaikan diri, keluarga, dan masyarakat menjadi krusial.

Berlandaskan pada “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama.” (HR Bukhari). Kegiatan Rumpun Nurani dibidang pendidikan, sosial, dakwah, dan ekonomi ini juga ditujukan untuk membentuk solidaritas dan ukhuwah yang saling menguatkan. “Meniti Ilmu, Memacu Amal, dan Menggali Hikmah” menjadi slogan yang mewujud dalam upaya produktif dan kreatif untuk perubahan kebaikan bersama.

Salam SeRumpun SeNurani

Rennta Chrisdiana, M.Sc.

Ketua Yayasan Rumpun Nurani.

Sejarah

Yayasan Rumpun Nurani telah disahkan dengan nomor AHU-0021027.AH.01.12n Tahun 2017. Tanggal 13 November 2017 didirikan oleh pegiat sosial pendidikan, dosen, ibu rumah tangga dan profesional. Berawal dari kegiatan belajar Al-Quran rutin setiap kamis, dan di tahun 2014 menginisiasi pembangunan panti qurani Rumah Alesha di Sentolo Kulonprogo.Tahun 2017 mulai diinisiasi pendirian YRN dengan soft-launching dengan family workshop.

Yayasan Rumpun Nurani merupakan lembaga nirlaba yang menjadi wadah untuk peningkatan kualitas diri dan keluarga dengan belajar, berbagi dan saling menguatkan. Lingkup kegiatan YRN dalam pekerjaan sosial sebagai aktivitas profesional untuk menolong, membantu,melayani, mendidik, membimbing dan/atau memfasilitasi individu, kelompok dan masyarakat. YRN berkomitmen menjadi bagian perubahan untuk ikut membentuk masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani dan memaknai kehidupan. Dengan tagline Meniti ilmu, Memacu Amal dan Menggali Hikmah, Yayasan Rumpun Nurani hadir dengan 4 bidang utama meliputi kegiatan Ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Dakwah.

Departemen Ekonomi menjalankan misi pemberdayaan ekonomi umat, saat ini sudah bergerak dengan kegiatan penguatan ibu tunggal untuk memproduksi makanan yang kemudian dijual di Nun Shop, platform wirausaha yang juga berada di bawah naungan Departemen Ekonomi berbasis online maupun offline. Dengan adanya media ini, diharapkan dapat menjadi tempat tumbuh kembangnya kegiatan Sociopreneur hingga menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi umat. Di tahun 2018, YRN membentuk PT. Masuk Syurga Bersama (SUKMA) di bawah naungan Departemen Ekonomu yang merupakan upaya kemandirian lembaga untuk dapat lestari.saha pertama, membangun bisnis co-working space bernama Kolektif Collabor-Action Space yang terletak di Sleman.

Departemen Pendidikan mengadakan pendidikan non-formal dengan basis pengalaman, berisi materi-rnateri peningkatan kualitas diri dan keluarga. Departemen Pendidikan mengadakan pelatihan, seminar, camp untuk program Self Development, Program Pendidikan Pranikah, Sekolah Calon Ayah dan Ibu, dan topik-topik mengenai Post Marriage Education.

Departemen Sosial Rumpun Nurani aktif di kegiatan sosial Nurani Menyapa, berupa program mingguan sedekah Jum’at dan tebar peralatan ibadah. Departemen Sosial juga aktif di gerakan penanganan bencana, baik berskala nasional ataupun yang terjadi di sekitar wilayah Yogyakarta melalui program Nurani Bergerak.

Departemen Dakwah tengah membina komunitas Muslimah “Belajar Bareng Al-Qur’an”  yang lebih akrab disebut Komunitas BBQu. Bersama para jama’ah BBQu, Departemen Dakwah melakukan kegiatan kajian Muslim rutin mingguan. Kebersamaan komunitas BBQu juga didukung berbagai kegiatan positif lain dalam semangat bersama memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dengan melakukan rihlah, mabit, goes to masjid, dan fun and learn bersamaDalam menebarkan nilai kebaikan Islam pada generasi muda, Departemen Dakwah juga menggelar prrogram Ngaji @Kolektif bulanan, dan menyediakan wadah memperbaiki bacaan Al Qur’an pada masyarakat melalui program Clinic Qur’an di Kolektif Collabor-Action Space Yogyakarta.

Semua yang dilakukan di Yayasan Rumpun Nurani merupakan tapak kecil yang diharapkan akan menjadi bagian pada semangat peradaban Islami yang didambakan semua umat beriman.

Visi Yayasan Rumpun Nurani

Menjadi Lembaga yang berkomitmen membentuk masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani dan memaknai kehidupan. 

Misi Yayasan Rumpun Nurani

Misi yayasan adalah melakukan kegiatan secara berkualitas dengan kuantitas yang semakin meningkat, dan tata kelola yang profesional meliputi :

  • Menyelenggarakan kegiatan dakwah yang toleran, inklusif, dan moderat.
  • Mengembangkan pemberdayaan ekonomi umat yang mandiri.
  • Melakukan kegiatan pendidikan untuk peningkatan kualitas diri dan keluarga.
  • Melakukan kegiatan kemasyarakatan untuk keharmonisan sosial yang partisipatif dan berkelanjutan.

Struktur Organisasi

Elan Satriawan, Ph.D.
(Pembina)

Elan Satriawan PhD, lahir di Jakarta, adalah Dewan Pembina Yayasan Rumpun Nurani. Ayah dari 4 orang anak ini aktif diberbagai organisasi sosial. Kiprah profesional mencakup bidang penelitian/pengajaran, konsultansi dan advokasi kebijakan. Saat ini Elan adalah Kepala Tim Kebijakan TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) Kantor Wakil Presiden, juga sebagai Staf Pengajar/Peneliti di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Menyelesaikan S3 di Michigan State University tahun 2008 dan aktif sebagai Advisor pada beberapa Lembaga Riset/Think Tank nasional dan internasional.

dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D.
(Pembina)

Dr Ahmad Hamim Sadewa , Ph.D lahir di Yogyakarta, adalah salah satu Pembina di Yayasan Rumpun Nurani. Ayah dari 3 orang anak ini tinggal di Purwomartani, Sleman Yogyakarta. Pengajar di Fakultas Kedokteran UGM ( FK-KMK) sejak tahun 1997 ini menyelesaikan pendidikan s3nya di Kobe University tahun 2005. Saat ini , Hamim aktif diberbagai organisasi sebagai Sekretaris Panel Komisi Etik Etika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Kesehatan, Anggota Senat FK-FKKKMK UGM, Wakil Ketua Tkamir At- Ukhurah Kadirojo dll.

Dr. Drs. Urip Wahyudin, M.Si.
(Pembina)

Urip Wahyudin (UW) lahir di Kuningan Jawa Barat. Ayah dari 3 orang anak ini adalah Dewan Pembina Yayasan Rumpun Nurani. Bekerja sebagai dosen pada Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Cenderawasih Jayapura Pendidikan S - 1 di IKIP Jakarta jurusan Pembangunan Masyarakat dan Pendidikan Luar Sekolah, S-2 Jurusan Studi Pembangunan IPB dan S-3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Mengasah kemampuannya dipadukan dengan kegiatan petualangan dan kerelawanan di berbagai lokasi terpencil, terisolir dan terabaikan di Tanah Papua Pengalaman Organisasi, antara lain; (a) Koordinator Wilayah Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Propinsi Papua, Salah satu perintis pemantapan lahirnya TAGANA Departemen Sosial RI, Pengurus Pusat Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) dan lainnya.

Nurul Huda, S.T.
(Pembina)

Nurul Huda,ST Lahir di Lamongan, adalah Dewan Pembina (YRN). Ayah dari 3 orang anak yang visioner ini aktif di berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan. Huda lulusan Politeknik Brawijaya dan Universitas Pancasila dr Jurusan Teknik Sipil. Bekerja di PT. Adhi Karya (Persero)Tbk. sejak tahun 1997 sampai sekarang ditugaskan menjadi manager di anak perusahaan, PT.Adhi Persada Gedung. Pengalaman yang luas sebagai manager dan leader ini menjadi kekuatan pondasi kepemimpinan di YRN

Dr, Ir, Nina Zulida Situmorang, M.Sc.
(Pengawas)

Nina Zulida Situmorang lahir di Medan, Ibu dari 3 orang anak ini mendapat amanah sebagai Pengawas.Yayasan Rumpun Nurani. Pendidikan Si Teknik Sipil ditempuh dari Universitas Medan Area, S2 Psikologi didapat dari Universitas Indonesia tahun 2000, dan S3 Psikologi dari Universitas Gunadharma tahun 2013. Nina saat ini Dosen Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Life Coach CPC. Nina aktif diberbagai organisasi kemasyarakatan sebagai Ketua Bidang Pendidikan PW Salimah DIY, Ketua Asosiasi Psikologi Positif Indonesia Jateng-DIY dan Founder dancoach di Share Consulting.

Yazid Surbakti, S.Si.
(Pengawas)

Yazid Subakti. Lahir di Lamongan adalah salah satu Pengawas Yayasan Rumpun Nurani. Ayah dari 3 orang anak yang menjadi aktifis dakwah dan sosial sejak kuliah ini, adalah pendidik, penulis dan trainer yang produktif. Pendidikan dari SD sampai SMA di Lamongan hingga akhirnya masuk Fakultas Geografi UGM. Pekerjaan saat ini adalah memimpin Human Capital Management (HCM) PT. Al Kautsar Cater Indonesia. Selain itu, aktivitas sampingannya adalah Golden Writer di penerbit Ziyad Solo dan penulis lepas (freelance) di beberapa penerbit di Jakarta. Yazid menguasai dan mengisi pelatihan dan kajian-kajian pra nikah dan parenting.

Didik Subagyo, SH. M.Si.
(Pengawas)

Lahir di Klaten. Saat ini memegang amanah menjadi Pengawas Yayasan Rumpun Nurani. Pendidikan SD, SMP dan SMA di Klaten. S1 dan S2 di Kalbar. Pengalaman didunia Penerbitan dan Marketing mulai th. 1988 - 2010. Didik pernah menjabat sebagai Kepala Perrwakilan PT Intan Pariwara di tahun 1994. Pengalaman menjadi pengusaha ini telah mengasah kemampuan berjejaring dan negosiasi untuk bisnis dan sosial kemasyarakatan. Hobby didunia Pertanian dan Perkebunan, mendampingikelompok tani klatin untuk pengembangan padi organik. Didik ingin mengembangkan kedua bidang ini untuk kemaslahatan umat.

Drs. Yudo Cahyanta, Apt
(Pengawas)

Terlahir di Yogyakarta sebagai anak sulung 4 bersaudara. Saat ini memegang amanah menjadi Pengawas Yayasan Rumpun Nurani. Pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi ditempuh di Yogyakarta juga. Sebagai alumni Fakultas Farmasi UGM, maka berkecimpungnya juga didunia perapotekan. Setelah lulus Apoteker sempat 5 tahun mengelola Apotek di Kota Kretek Kudus Jawa Tengah. Kemudian bergabung dengan PT. Kimia Farma (Persero) dan setelah berbagai transformasi perusahaan dan berpindah posisi dari Indonesian ujung Barat sampai ujung Timur saat ini ditempatkan di PT. Kimia Farma Apotek di area Unit Bisnis Yogyakarta

Rennta Chrisdiana, M.Sc.
(Ketua)

Rennta Chrisdiana MSc, Lahir di Tanjung Karang Lampung. Ibu dari 4 orang anak ini mengamban amanah sebagai Ketua Yayasan Rumpun Nurani. Edukator dan aktifis sosial kemasyarakatan dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2 ilmu Komunikasi UGM. Bekerja sebagai dosen luar biasa di UII dan UGM, trainer dan fasilitatator di berbagai komunitas. Saat ini bekerja sebagai Komisionaer Badan Pengawas Rumah Sakit DIY dan menjadi Senor Fellows untuk Atlantic Institute dan Senior Fellows pada Health Equity in South East Asian. Rennta juga aktif sebagai Pengurus ORBIT Yogya dan Senior Advisor untuk Lembaga Konsumen Yogyakarta.

Retna Hidayah, Ph.D..
(Sekretaris)

lahir di Yogyakarta, saat ini mengemban amanah sebagai sekretaris Yayasan Rumpun Nurani. Ibu 3 orang anak ini menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana dan magister di Jurusan Teknik Arsitektur FT UGM dan menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Global Development Science Kobe University Japan. Tugas akademiknya saat ini di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY sebagai staf pengajar. Retna juga aktif PW Salimah DIY dan saat ini menduduki jabatan sekretaris.

Siti Alfiah Kusumawardhani, S.T.
(Bendahara)

Siti Alfiah Kusumawardhani ST, Lahir di Klaten. Sulung dari 3 bersaudara ini mengemban amanah sebagai Bendahara Yayasan Rumpun Nurani . Ibu 3 orang anak ini menyeleaikan kuliahnya di Teknik Sipil UGM tahun 2000. Danik memiliki hobi berorganisasi sejak Taman Kanak kanak.Saat ini aktif diberabagi organisasi kemasyaraklatan sebagai Ketua Yayasan Daar Al Hakim, Sekertaris Yayasan AL Amir Klaten . Pernah berkarir di PT.Adhi Karya sejak tamat kuliah sampai akhir tahun 2009, lalu putar haluan belajar wirausaha di bidang kuliner, developer , digital marketing agensi hingga pertanian, dengan beragam mitra bisnis. Saat ini menjabat sebagai Komisaris PT Masuk Syurga Bersama (SUKMA) , Komisaris PT Berkah Selo Mulyo dan Drektur PT satu coretan sahaja.

Yuni Windarti, MA.
(Dep. Ekonomi)

Yuni Windarti adalah dosen tidak tetap Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Lahir di Balikpapan. Gelar sarjana diperoleh di UII dan UGM, S-2 di Universitas Mahidol Thailand. Meluangkan akhir pekan dengan mengajar yoga untuk perempuan dan anak (dengan kebutuhan khusus). Saat ini aktif berkegiatan sosial dan menjabat Koordinator Dept. Ekonomi Yayasan Rumpun Nurani, yang bersangkutan dapat dihubungi melalui email: unisoemardi29@gmail.com

Deri Aggarani, S.Gz.
(Dep. Pendidikan)

Deri Rizki Anggarani. Lahir di Bandung, Dari sejak TK hingga D3 di Bandung. Lalu melanjutkan kuliah di Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini tinggal di Rajek Kidul, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Selain menjadi Ibu dari 3 anak, Aktifitas saat ini adalah ketua Departeman Pendidikan Yayasan Rumpun Nurani. freelance writer di beberapa penerbit, Nutritionis, DEPTH (Self Healing) Therapist dibawah Naungan Biro Psikologi Westari, Bandung, Deri juga aktif mengisi kajian bertema pra nikah, gizi kesehatan, dan pengembangan diri Muslimah.

Ahmad Suluki, M.Sc.
(Dep. Sosial)

Ahmad suluki, lahir di Tangerang dan menamatkan pendidikan S1 dan S2 nya di Universitas Gadjah Mada fakultas Filsafat dan Fakultas Ilmu Politik. aktifitas saat ini banyak berhubungan dengan dunia sosial enterprenur dan juga banyak terlibat dalam kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan antara lain President Junior chamber Indonesia (JCI) Chapter Yogyakarta periode 2019-2020, Sekertaris Jendral Gabungan Pengusaha Ekpor Indonesia Tingkat provinsi Daerah istimewa Yogyakarta Periode 2020-2023, Kordinator Public Relation Gerakan infaq Beras Yogyakarta dan terakhir sebagai koordinator departemen Sosial Yayasan Rumpun Nurani. Motto Hidup : Sebaik-baik Manusia adalah yang memberikan banyak Manfaat untuk Ummat.

Indyahsari Mihadini, S.E.
(Dep. Dakwah)

Indyahsari mihadini. terlahir di banjarmasin tepat pada hari milad ayahnya, sebagai bayi yg menggemaskan , 4kg. ibu dari 2 orang gadis.lulus S1 fakultas akuntansi UII. sangat suka berorganisasi sejak SD dan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Memiliki usaha sesuai hobinya bermain di dapur. juga sebagai koordinator bidang sosial PW Salimah DIY.