Aksi Rumpun Nurani bagi Masyarakat Terdampak Pandemi

Selalu patuh pada protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) menjadi kunci untuk mengakhiri pandemi COVID-19. Namun kepatuhan tersebut juga harus disertai dengan ketersediaan fasilitas yang memadai. Faktanya, beberapa komunitas masyarakat dan fasilitas publik kesulitan dalam memiliki perlengkapan yang sesuai dengan protokol kesehatan seperti masker, sabun cuci tangan, dan handsanitizer. Hal inilah yang kemudian mendorong Yayasan Rumpun Nurani untuk bergerak melakukan aksi peduli.

Yayasan Rumpuni Nurani bekerjasama dengan Atlantic Institute membentuk program bernama Nurani Bergerak. Program ini telah dimulai sejak Maret 2020 dan masih berjalan hingga sekarang. Kemunculan Nurani Bergerak dilatarbelakangi oleh kepedulian Yayasan Rumpun Nurani sebagai lembaga sosial terhadap masyarakat yang terdampak pandemi, khususnya mereka yang rentan terinfeksi COVID-19. Melalui Nurani Bergerak, bantuan dibagikan kepada warga sekitar, terutama yang tergolong lansia dan kurang mampu. Komunitas lansia dipilih menjadi sasaran penerima bantuan Nurani Bergerak karena merupakan masyarakat yang paling rentan terinfeksi COVID-19. Bantuan yang diberikan berupa handsanitizer, sabun cuci tangan, masker kain, dan makanan serta sembako.

Selain komunitas lansia dan kurang mampu, Nurani Bergerak juga memberikan bantuan kepada tenaga medis yang menangani pasien COVID-19. Khususnya adalah tenaga medis di rumah sakit dan pusat kesehatan lainnya yang tidak menjadi rujukan pemerintah. Tujuannya adalah untuk membantu rumah sakit dan pusat kesehatan tersebut mendapat pemenuhan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan. Terhitung terdapat delapan rumah sakit yang menjadi penerima bantuan program Nurani Bergerak. Adapun bantuan yang diberikan adalah pemberian face shield, pakaian hazmat, shoe cover, masker medis, sarung tangan, handsanitizer, vitamin, susu, mukena, dan sarung. Hal ini tidak terlepas dari bentuk dukungan dan kepedulian Yayasan Rumpun Nurani kepada tenaga medis yang terus berjuang di garda terdepan.

Menurut Aura Fadzila, salah satu penggerak dari Nurani Bergerak, bahwa pemberian bantuan akan tetap terus dilakukan. Ia menjelaskan sejauh ini tim dari Yayasan Rumpun Nurani telah melakukan focus group discussion (FGD) dengan rumah sakit dan pusat kesehatan penerima bantuan. “Beberapa strategi akan diimplementasikan untuk terus melakukan aksi peduli,” terang perempuan yang akrab disapa Lila tersebut.

Untuk menyokong aksi peduli Nurani Bergerak ini, Yayasan Rumpun Nurani menerima donasi dari Kawan Nurani yang ingin turut bahu-membahu membantu masyarakat terdampak pandemi. Donasi berupa uang dapat disalurkan melalui rekening Bank Syariah Mandiri 7114781449 atas nama Yayasan Rumpun Nurani. Selain itu, Kawan Nurani juga dapat secara langsung memberi bantuan dengan menghubungi narahubung melalui nomor 0852-2574-9336.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Pinterest

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *