Berbagi Kebaikan Melalui Iftar Bersama Nurani

Tanpa terasa kini kita sudah memasuki bulan yang paling rahmati Allah SWT. Pada bulan Ramadhan ini, segala amal perbuatan yang kita lakukan dibalas dengan pahala yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Maka dari itu, pada bulan yang suci ini, Yayasan Rumpun Nurani menyelenggarakan program bertajuk Ramadhan Bersama Nurani (RBN) untuk mengajak Kawan Nurani berbuat amal kebaikan dan saling berbagi. Program RBN memiliki empat program utama yang meliputi kegiatan Iftar Bersama Nurani, Berbagi Bahan Pangan, Tebar Alat Ibadah & Sanitary Kit, serta kegiatan rutin Ngaji @Kolektif. 

Pada Jum’at (16-04-2021) lalu, telah terselenggara kegiatan Iftar Bersama Nurani yang dilakukan di beberapa lokasi, antara lain di Panti Asuhan Daarus Selamat Turgo, Panti Asuhan Uswatun Hasanah, dan Pondok Pesantren Al-Firdaus. Sekitar 250 makanan berbuka puasa didistribusikan di hari pertama aktivitas Iftar Bersama Nurani tersebut. 

Di sela waktu melakukan pendistribusian makanan berbuka, tim media Yayasan Rumpun Nurani berkesempatan berbincang dengan tim distribusi RBN. Muhammad Nadhif Rabbani, Amirul Arief, dan Azhar Ardhabila merupakan relawan yang bergabung dengan tim distribusi kegiatan RBN tahun ini. Ketiganya merupakan mahasiswa aktif di Universitas Islam Indonesia. 

Amirul dan Azhar mengaku baru bergabung dengan kegiatan RBN pada tahun 2021 ini. Keinginan untuk berbagi dan melakukan kegiatan amal mendorong mereka untuk ikut terlibat dalam kegiatan RBN khususnya sebagai anggota tim distribusi.  Mereka merasa sebelumnya tidak pernah memiliki kesempatan dan finansial yang cukup untuk melakukan donasi kepada yang membutuhkan. “Makanya, kami memilih menyumbangkan tenaga kami dengan bergabung menjadi relawan tim distribusi RBN di tahun ini,” ungkap Azhar. 

Berbeda dengan kedua temannya, Nadhif telah aktif menjadi relawan di RBN sejak tahun 2020 lalu. Ia mengaku bahwa awal mula bergabungnya dengan RBN dikarenakan dorongan kuat yang diberikan oleh ibunya. Nadhif bercerita pada awalnya niat keikutsertaannya dalam kegiatan Yayasan Rumpun Nurani hanya sebatas menjalankan permintaan ibu saja. Namun seiring dengan keterlibatannya, Nadhif mengaku menikmati kegiatan-kegiatan yang ada karena merasa dapat belajar sambil beramal. “Makanya tahun ini saya kembali ikut menjadi tim distribusi RBN dan mengajak teman-teman lainnya untuk ikutan,” kata Nadhif.

Nadhif yang kini menjadi koordinator dari tim distribusi kegiatan RBN, menjelaskan terdapat beberapa tantangan yang mereka jumpai selama melakukan kegiatan pendistribusian. Dengan jumlah makanan yang meningkat dari tahun sebelumnya, tim distribusi RBN memiliki kerja tambahan untuk mencari panti asuhan penerima bantuan lebih banyak lagi. Selain itu, anggota tim distribusi pada tahun ini yang sebagian besar adalah anak kos dan tidak memiliki mobil, menjadikan mobilitas tim distribusi hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas Yayasan Rumpun Nurani seadanya. 

Namun tantangan-tantangan yang ada tidak menyurutkan semangat dari tim distribusi. Mereka menganggap, melalui tantangan yang dihadapi saat ini pasti akan memberikan pelajaran yang dapat membantu mereka memperbaiki diri lebih baik lagi di kemudian hari. Oleh karena itu, bukannya mengeluh, tim distribusi RBN mensyukuri segala tantangan yang mereka hadapi dalam kegiatan berbagi kebaikan ini. “Ke depannya, semoga RBN bisa semakin luas jaringannya dan membantu lebih banyak orang,” harap Nadhif seraya mengakhiri perbincangan di sore hari itu.

Iftar Bersama Nurani di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Qur’an Daarus Selamat Turgo

Iftar Bersama Nurani di Panti Asuhan Uswatun Hasanah 

Iftar Bersama Nurani di Pondok Pesantren Al-Firdaus

WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Pinterest

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *