Ma’rifatullah di Kajian Ruang Nurani

Sebagai agenda rutin, melalui Departemen PSDM, Yayasan Rumpun Nurani menyelenggarakan kegiatan Kajian Ruang Nurani setiap hari Rabu pukul 16.00 hingga 17.30 WIB dan bertempat di Kolektif Co. Space. Tidak hanya untuk anggota dan pengurus, Kajian Ruang Nurani ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar. 

Atau yang akrab disapa Masto, selaku penanggung jawab dari Kajian Ruang Nurani, mengatakan bahwa terdapat beberapa rangkatan kegiatan yang dilakukan dalam Kajian Ruang Nurani. Dimulai dari tilawah bersama, dilanjutkan dengan pembacaan sari tilawah dan tafsir sari tilawah tersebut, hingga kemudian masuk ke materi yang berkaitan dengan tema ma’rifatullah. 

Ma’rifatullah sendiri merupakan tema pembicaraan yang membicarakan tentang Rabb, Malik, dan Ilah kita. Rabb dari istilah dalam Al-Quran adalah sebagai pencipta, pemilik, pemelihara, hingga penguasa. Sedangkan Ilah mempunyai arti yang dicintai, yang ditakuti, juga sebagai sumber pengharapan. Hal ini sebagaimana yang terkandung dalam Surah An-Nas (114): 1-3. 

Tujuan dari ma’rifatullah sendiri adalah sebagai upaya manusia untuk mengenal Allah SWT. Salah satu cara dari ma’rifatullah adalah melalui ilmu pengetahuan. Yaitu dengan mempelajari dan percaya segala sesuatu yang terjadi dan fenomena alam yang ada merupakan tanda kebesaran Allah SWT.

Masto berharap dengan melakukan kegiatan bermanfaat yang dapat menambah ilmu seperti Kajian Ruang Nurani ini dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. “Dengan mengetahui kebesaran Allah yang dapat dijadikan untuk menambah iman dan taqwa,” ujar Masto.

 

WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Pinterest

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *