Tiga tahun sudah Yayasan Rumpun Nurani berusaha untuk terus menebar kebermanfaatan dengan prinsip kemanusiaan di Indonesia, dan DI Yogyakarta pada khususnya. Dalam rangka melihat capaian yang dilakukan oleh Yayasan Rumpun Nurani selama tiga tahun ini, dilaksanakan Musyawarah Tahunan (Musta) pada 15 Januari 2022 lalu. Musyawarah tersebut dilaksanakan di Hotel Platinum Yogyakarta, dan dihadiri oleh seluruh pengurus, pengawas, dan pembina Yayasan Rumpun Nurani.

 

Rangkaian kegiatan dalam Musta adalah pemaparan hasil kerja dari setiap departemen yang ada di Yayasan Rumpun Nurani. Mulai dari Departemen Dakwah, Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial. Pada pemaparan yang dilakukan oleh Departemen Dakwah, terlihat hasil pencapaian yang didapatkan dari dua program besar yang dilakukan, yaitu Belajar Bareng Qur’an (BBQ) dan Ngaji @Kolektif. 

 

BBQ telah berhasil menjadi sarana belajar bagi Kawan Nurani Muslimah dengan jumlah pelaksanaan sebanyak 40 kali secara daring, dan dua kali secara hybrid. Hal yang sama juga terjadi pada program Ngaji @Kolektif. Sepanjang tahun 2021, Ngaji @Kolektif telah berhasil dilaksanakan sebanyak 11 kali, yang mana dilakukan setiap satu bulan sekali, pada pekan terakhir bulan tersebut. Kegiatan ini sendiri ditujukan bagi Kawan Nurani generasi milenial untuk belajar dan mengaji bersama terkait topik-topik yang relevan dengan kegelisahan orang muda sekarang.

 

Departemen Pendidikan juga turut berhasil menjalankan program pendidikannya. Seperti halnya program Sekolah Calon Ayah (SCA) yang berhasil dilaksanakan hingga 5 periode, dan Sekolah Calon Ibu (SCI) sebanyak 9 periode. Kedua program ini diikuti peserta yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia dan juga merupakan beberapa utusan dari institusi, beasiswa, dan peserta regular. 

 

Selain itu, terlaksana juga program Opera, sebuah program dengan materi peningkatan kepedulian dan pemahaman bagi kaum laki-laki, bahwa untuk menjadi seorang suami dan ayah membutuhkan persiapan yang matang. Selanjutnya, ada pula program In Wedding Education, yang bertujuan meningkatkan kualitas dan level kedekatan setiap pasangan. Terakhir, yaitu program Sinau yang bertujuan meningkatkan soft skill dan keterampilan Kawan Nurani. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program Sinau ini adalah kegiatan pelatihan dengan tema “Bergerak untuk Menggerakkan”, “Glowing at Home”, dan “Flower Workshop”.

Memiliki tujuan untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi umat yang mandiri, Departemen Ekonomi terus berusaha meningkatkan keterampilan seluruh anggota yang tergabung dalam Komunitas Ibu Pilihan (KIP). Yayasan Rumpun Nurani berhasil menjalin kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan dan AMIKOM dalam peningkatan keterampilan anggota tersebut.

 

Tidak berhenti sampai disitu, Departemen Ekonomi juga mengembangkan Nun Shop, sebuah toko yang secara online dan offline menjual produk milik anggota KIP dan mitra. Melalui Nun Shop ini, modal awal yang hanya sebesar tujuh juta rupiah, mengalami peningkatan dengan mendapatkan omset sebesar Rp 151.077.600 hingga tahun 2021 lalu. 

 

Sama seperti departemen lainnya, Departemen Sosial telah menjalankan program kegiatan sosial sepanjang tahun 2021., Yaitu melalui program Nurani Menyapa dengan kegiatan Sedekah Jum’at, Tebar Alat Ibadah, Gerakan Infak Beras, Ramadhan Bersama Nurani, Pengembangan Komunitas, dan Nurani Bergerak. Kegiatan Nurani Bergerak sendiri berfokus pada kegiatan peduli bencana seperti yang terjadi ketika bencana Mamuju dan Banjir di Kalimantan Selatan. 

 

Menanggapi bencana pandemi COVID-19, Nurani Bergerak mengadakan Shelter Tangguh Bencana dan kegiatan percepatan vaksinasi. Hingga kegiatan terakhir di penghujung tahun 2021, Nurani Bergerak melakukan kegiatan peduli bencana Gunug Semeru dengan menyalurkan bantuan sebesar Rp 165.320.000.

 

Tidak semudah membalikkan telapak tangan, berbagai program tersebut dilaksanakan dengan menghadapi berbagai kesulitan. Namun, dengan kerja sama sesama anggota Yayasan Rumpun Nurani dan dukungan serta kepercayaan pihak lain, kesulitan tersebut dapat dilalui. Oleh karena itu, Yayasan Rumpun Nurani dengan tulus berterimakasih atas dukungan dan bantuan serta kepercayaan yang telah diberikan. Semoga pada tahun 2022, Yayasan Rumpun Nurani mampu meneruskan kegiatan yang sudah berjalan dan mampu meningkatkan kinerja atas evaluasi tahun 2021, sehingga dapat terus memeperluas manfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.