Pada Rabu (13/10/2021) telah dilaksanakan vaksinasi massal pertama di Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Baitul Mal Muamalat (BMM) dan bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Yayasan Rumpun Nurani. Program vaksinasi massal ini merupakan kegiatan yang mendukung program pemerintah dalam penangan COVID-19.

Sari, salah satu pengurus BMM DIY mengatakan bahwa sebelumnya BMM telah melakukan dua kali kegiatan pemberian bantuan kepada warga yang terdampak COVID-19. Hingga pada akhirnya kegiatan vaksinasi massal ini tercetus setelah dilakukan diskusi dengan warga dan pemerintah desa serta kecamatan. 

Dari diskusi tersebut, ditemukan bahwa vaksinasi di Desa Tamanmartani masih rendah, dengan capaian vaksinasi yang tidak lebih dari lima puluh persen warga desa. Oleh karena itu pemerintah desa mendukung keberlangsungan dari kegiatan vaksinasi yang dilakukan BMM. “Pemerintah desa merasa sangat senang jika ada pihak lain yang ingin berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi di desa,” kata Sari. Bersama dengan relawan beasiswa BMM dan relawan lokal dari desa, kegiatan vaksinasi massal berhasil mengakomodir sembilan puluh persen warga Desa Tamanmartani untuk melakukan vaksinasi

Sari mengatakan kedepannya ada kemungkinan bahwa program yang sama akan terus dilakukan. Selama pandemi COVID-19 belum berakhir, BMM akan terus melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka penanganan COVID-19, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Yayasan Rumpun Nurani. 

Ditulis oleh: Ahmad Wasil Mustofa

Leave a Reply

Your email address will not be published.