Yayasan Rumpun Nurani telah melaksanakan Musyawarah Tahunan pada 15 Januari 2022 lalu. Dalam musyawarah yang dihadiri oleh seluruh pengurus, pembina dan pengawas, dibahas evaluasi program yang dilakukan sepanjang tahun 2021 dan rumusan program yang akan dilaksanakan Yayasan Rumpun Nurani di tahun 2022. Program yang akan dijalankan oleh Yayasan Rumpun Nurani terbagi ke dalam dua golongan, yaitu program prioritas dan khusus. 

Program prioritas merupakan program yang telah ada di tahun sebelumnya dan akan dilanjutkan kembali di tahun 2022. Program-program tersebut adalah Sekolah Calon Ayah (SCA) dan Sekolah Calon Ibu (SCI) dari Departemen Pendidikan, Ngaji @Kolektif dari Departemen dakwah, Nurani Menyapa dan Nurani Bergerak dari Departemen Sosial, dan Komunitas Ibu Pilihan (KIP) dari Departemen Ekonomi. Program-program tersebut ditargetkan akan memiliki jumlah penerima manfaat yang meningkat seratus persen dari tahun sebelumnya. 

Sedangkan, program khusus yang akan dijalankan pada tahun 2022 adalah Ramadhan Bersama Nurani (RBN). Pada dasarnya program RBN merupakan program yang telah dilaksanakan sejak tahun-tahun sebelumnya, namun akan banyak peningkatan yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini. Program khusus yang kedua yaitu Relawan Kesehatan (REKAN) Lansia. Program ini merupakan program yang ditujukan kepada ibu-ibu yang akan dilatih dan diterjunkan untuk menjadi relawan dalam pemantauan kesehatan terhadap lansia di DI Yogyakarta. 

Kerja sama dengan berbagai pihak baik eksternal dan internal akan terus dilanjutkan demi mempererat silaturrahim dan tercapainya tujuan program yang dilakukan. Kerja sama dengan pihak eksternal yang pernah terjalin diantaranya adalah Baitul Mal Muamalat, Baitul Mal Munzalan Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, SONJO, Salimah, Lembaga Advokasi Keluarga Indonesia, Kolektif Co. Space, dan yang lainnya. 

Dalam rangka meningkatkan dan memperkuat kualitas dan silaturrahim antar relawan dan pengurus serta anggota Yayasan Rumpun Nurani, akan dilaksanakan berbagai pelatihan dan kegiatan rekreasi. Diantaranya seperti kegiatan Ngobah Pikir (Ngopi), Kajian Ruang Nurani, Syukuran Syawalan, kegiatan 17an, hingga Musyawarah Tahunan itu sendiri.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di Yayasan Rumpun Nurani ini bertujuan untuk menjaga visi dan misi yayasan dapat berjalan dengan baik. Para pembina dan pengawas Yayasan Rumpun Nurani juga akan turut mengawasi dan memberi masukan serta dukkungan kepada seluruh pengurus dan anggota yayasan. 

Hal lain yang menjadi fokus penting Yayasan Rumpun Nurani adalah transparansi dari setiap kegiatan yang dilakukan. Dalam hal ini,transparansi yang dilakukan adalah dengan pemberitaan melalui platform digital milik yayasan. Transparansi ini menjadi sebuah modal untuk menambah kepercayaan dari pihak donatur dan fundraiser yang bekerja sama dengan Yayasan Rumpun Nurani. Di samping pemberitaan rutin mengenai kegiatan dari program yayasan, tim media Yayasan Rumpun Nurani berupaya mengoptimalkan platform digital tersebut dengan memberikan konten-konten positif dan edukatif. 

Ditulis oleh: Ahmad Wasil Mustofa

Leave a Reply

Your email address will not be published.