Yayasan Rumpun Nurani bekerja sama dengan LPPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Fakultas Psikologi mengadakan pelatihan bertajuk “Training of Trainer (ToT) Fasilitator Relawan Kesehatan Untuk Penguatan Kesehatan Psikologis Lansia di Yogyakarta”. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada Jum’at dan Sabtu, 5-6 Agustus 2022 di Gedung Serbaguna UAD Kampus 1.

Pelatihan tersebut diisi oleh 3 pemateri yaitu Dr. Nina Zulida M. Si., Alfi Purnamasari S. Psi., M.Si., dan Dessy P. S. Psi., M. Si. Ketiganya merupakan dosen di Fakultas Psikologi UAD. Pelatihan ini dihadiri oleh para mahasiswa, yang sebagian besar memiliki latar belakang studi kesehatan.

Nina Zulida Situmorang selaku coach pelatihan, menjelaskan makna penguatan kesehatan psikologis bagi para relawan. Yaitu cara untuk meningkatkan psikologis dan kemampuan para relawan saat menghadapi lansia. Bukan hanya kemampuan kognitif tetapi juga kemampuan secara afeksi, termasuk tindakan yang akan mereka ambil saat berhadapan dengan lansia.

Salah satu sesi pelatihan yang paling menarik adalah sesi Focus Group Discussion (FGD). Menurut Nina, FGD ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan kognitif, pengalaman afeksi, dan pengalaman relawan di lapangan dari para relawan khususnya saat menghadapi lansia. 

“Pada saat kami mengemukakan pertanyaan dalam FGD, dengan sendirinya muncul internalisasi tanpa mereka sadari apa yang menjadi motif atau penguatan bagi mereka untuk menjadi relawan,” tutur Nina. Sehingga menurutnya, tanpa diberitahu secara langsung, relawan dapat merefleksikan makna penguatan kesehatan psikologis berdasarkan pengalaman mereka.

Para relawan begitu antusias mengikuti tiap rangkaian pelatihan. Tak lupa diisi dengan games yang seru sehingga pelatihan ini tidak berjalan dengan tegang dan terkesan monoton. Baik dari Yayasan Rumpun Nurani maupun UAD, berharap pelatihan seperti ini tetap berkelanjutan tiap tahunnya dengan konsep yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.