Peduli Lingkungan dari Rumah

Peduli terhadap lingkungan sekitar, berarti peduli dengan kelangsungan hidup di muka bumi.  Setiap tindakan manusia didasari oleh etika dan moral, termasuk dalam menjaga lingkungan. Sadar atau tidak, ketidakpedulian kita terhadap lingkungan akan berdampak kepada diri kita sendiri. Buktinya adalah bencana alam hasil kerusakan lingkungan yang merugikan manusia.

Penting bagi kita untuk memahami bahwa alam tidak semata-mata ada hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebab, seringkali dalam proses pemenuhan kebutuhan ini, malah perlahan-lahan mengakibatkan hilangnya keseimbangan lingkungan. Padahal pada dasarnya justru manusia memiliki tanggung jawab untuk peduli terhadap lingkungan, demi mewariskan lingkungan yang baik kepada generasi selanjutnya. 

Oleh karena itu kita sudah seharusnya memulai dan terus bergerak dalam menjaga lingkungan kita, mulai dari hal terkecil dalam keseharian kita. Untuk mengingatkan Kawan Nurani, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami dalam meningkatkan sifat peduli terhadap lingkungan yang bisa dilakukan dari rumah saja. 

  1. Sobekan kecil kertas tetap sampah

Sering kali kita menyepelekan hal-hal kecil yang lambat laun semakin besar. Seperti secuil sobekan kertas yang tampaknya kecil dan tidak berdampak besar terhadap lingkungan. Padahal jika kita mengalikan sobekan kertas dengan miliaran manusia yang ada di bumi, sobekan kertas kecil itu menjadi gunungan sampah kertas. Perilaku boros kertas ini turut membantu laju pengurangan hutan, artinya terdapat jutaan pohon hutan yang ditebang akibat perilaku boros kita ini. 

  1. Berharganya setetes air

Berapa banyak air bersih yang kita pakai dalam sehari? Jawabannya tentulah banyak. Bagaimana tidak, air bersih selalu digunakan untuk kepentingan sehari-hari mulai dari mandi, sikat gigi, mencuci, hingga minum. Namun, apakah kita sudah menghemat penggunaannya? Mengingat bahwa keberadaan air bersih yang kian menyusut, bahkan beberapa wilayah yang tidak memiliki air bersih. Maka dari itu kita perlu menghemat penggunaan air, sesimpel dengan mematikan keran air ketika bak mandi sudah penuh. 

  1. Listrik dan kita

Listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sekarang listrik bukanlah sumber daya yang bebas pakai dan tidak akan habis. Ketersediaan listrik semakin terbatas karena penggunaan yang semakin berlebih. Inilah yang menjadikan pentingnya menghemat listrik. 

Hemat listrik adalah menggunakan listrik dengan lebih bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah dengan tidak menyalakan lampu di siang hari ketika mendapat cahaya matahari sebagai penerangan. Selain itu juga jauh lebih baik jika lampu dimatikan ketika meninggalkan rumah atau kamar mandi jika memang sudah tidak diperlukan.  

  1. Tanamlah walau satu pot

Pohon adalah penyaring udara sehingga membuat udara lebih segar. Dengan polusi udara yang semakin banyak dan menipisnya jumlah pohon, menanam pohon di rumah menjadi salah satu cara agar kita memiliki udara bersih dan segar. Meskipun manfaatnya tidak dapat dirasakan secara langsung dalam waktu yang singkat, namun akan bermanfaat bagi generasi yang akan datang. Agar mereka tetap dapat hidup dengan udara yang bersih dan segar.

  1. Nilai botol-botol bekas

Pemanfaatan ulang botol bekas adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah dan peduli dengan lingkungan. Botol-botol bekas dapat didaur ulang menjadi barang bernilai seperti wadah pensil, vas bunga, dan berbagai bentuk lainnya. Bahkan tutorial dan cara-cara mengubah botol bekas menjadi barang bernailai baru telah banyak beredar di situs web dan laman lain yang dapat Kawan Nurani tiru.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Pinterest

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *